Selasa, 06 Desember 2011
PROPOSAL PENGENALAN & PENAWARAN
Penulisan Ilmiah Gunadarma
Jakarta, 16 Oktober 2008
Nomor : -
Perihal : Pengajuan Judul Penulisan Ilmiah
Lampiran : -
KEPADA YTH.
Ibu Dosen Pembimbing
Lilis R.
di-
Tempat
Saya, Lucaes, dengan ini menyatakan bahwa judul penulisan ilmiah saya "Simulasi Lalulintas kota Jakarta dengan menggunakan blender 3.40b"
1.1 Latar Belakang Masalah
Kota Jakarta adalah ibukota dari Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan ibukota negara dari Indonesia. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa. Jakarta pernah dikenali dengan nama Sunda Kelapa (sebelum tahun 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia, atau Jacatra (1619-1942), dan Djakarta (1942-1972). Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan : 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 7,552,444 orang (2007)]. Wilayah metropolitan Jakarta (Jabotabek) yang diduduki sekitar 23 juta orang, merupakan kawasan metropolitan yang terbesar di Indonesia dan kedua terbesar di dunia. Dengan tingkat kepadatan penduduk seperti ini memungkinkan kondisi Jakarta selalu penuh dengan kemacetan setiap harinya diwaktu jam-jam sibuk.
Perkembangan Teknologi Informasi pada zaman sekarang sangat pesat sekali, terutama dalam bidang multimedia (animasi). Animasi sendiri memiliki beberapa tahap dalam pembuatan objek antara lain : modeling (untuk membuat suatu objek yang ingin dibuat), Lighting Materials dan Textures (memberikan teknis animasi berupa tingkat kepadatan, volume, bentuk permukaan, komposisi dari objek yang dibentuk, dan lain-lain), rigging adalah proses menaruh kerangka/tulang rangka di dalam mesh. Ada 2 tipe kerangka yang bisa anda pakai di 3DS Max, yaitu Bones dan Biped. Kemudian proses yang terakhir adalah rendering yaitu memvisualisasikan sebuah gambar output dari scene 3d atau suatu object. Fitur-fitur seperti materials, lighting, oversampling dan shadows memiliki pengaruh dalam efek dan kualitas hasil rendering. Semakin banyak fitur yang ditambahkan , maka semakin realistik hasilnya, akan tetapi akan mempengaruhi lama waktu rendering.Animasi dalam berbagai bentuk dapat digunakan sebagai sarana hiburan dan semacam media simulasi dalam kehidupan sehari-hari sebelum melakukan suatu kegiatan aktivitas. Contoh konkret dari bidang ini adalah dengan memvisualisasikan tindakan-tindakan yang akan dilakukan dan peringatan yang berupa himbauan tentang hal-hal yang dapat dilakukan dalam berkendara motor di jalan yang rawan kemacetan. Dengan adanya simulasi berupa animasi diharapkan dapat mengurangi sedikit kemacetan dalam berkendara dititik jalan yang rawan akan kemacetan.
Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin memanfaatkan sarana multimedia dengan animasi untuk penyampaian informasi berupa simulasi tentang tata cara berkendara yang baik pada saat berada pada tempat rawan kemacetan. Penulis ingin membuat simulasi animasi miniatur cara berkendara yang baik pada daerah khusus rawan kemacetan dengan menggunakan program aplikasi Blender 2.49b windows yang bersifat bebas yang telah dilengkapi dengan python 26 dalam bentuk zip
1.2 Batasan Masalah
Dalam penulisan ini, simulasi yang ada hanya seputar daerah imajiner yang memiliki tingkat kepadatan kendaraan dengan jumlah tertentu yang sudah dibatasi maksimal jumlah kendaraannya dengan lebar jalan yang sempit maupun lebar yang telah diatur dan memilki ukuran masing-masing jalan. Simulasi ini tidak memungkinkan untuk menciptakan kendaraan baru hanya dapat diatur lebar dari dari jalan yang akan dilewati dan bukan bersifat modifikasi total .
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan adalah membuat simulasi berkendara pada ruas jalan tertentu. Diharapkan dapat membantu masyarakat luas sebagai pengalaman sebelum terjun langsung ke lapangan tempat daerah rawan kemacetan. Penulis juga berharap dengan adanya program simulasi ini dapat menambah pengalaman dari pengguna simulator ini dalam menghadapi daerah dengan tingkat kemacetan yang cukup parah.
Apa itu Blender ?
Blender adalah sebuah aplikasi terintegrasi yang memungkinkan pembuatan berbagai content 2D dan 3D. Blender memberikan spectrum yang luas tentang modelling, pencahayaan, animasi dan processing video. Arsitekturnya terbuka, cross platform, extensive, dan workflownya terintegrasi. Blender adalah salah satu aplikasi 3d graphics terpopuler.
Fitur Kunci:
• Software terintegrasi. Semua tool dan alat komposisi terintegrasi
• Dapat berjalan di berbagai sistem operasi
• arsitektur 3D berkualitas tinggi
• Banyak user base
• Ukuran file kecil
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar