Rabu, 02 Mei 2012

Menghubungkan server dengan client pada jaringan dengan menggunakan perintah Java

Dalam pemrograman jaringan, diajarkan bagaimana menghubungkan antar satu pc(server) dengan pc lainnya (client) dimana apabila socket yang digunakan sebagai penghubung (kabel LAN) sudah terhubung antar komputer tersebut. untuk mendeteksi keterhubungan tersebut dapat mengetestnya dengan mengetikkan skrip java dibawah ini:

Pada komputer client :



import java.io.*;
import java.net.*;

public class simpleClient {
  public final static int REMOTE_PORT = 5000;
  public static void main (String args[]) throws Exception {
  Socket cl = null;
  BufferedReader is    = null;
  DataOutputStream os    = null;
  BufferedReader stdin = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
String userInput = null;
String output = null;

// Membuka koneksi ke server pada port REMOTE_PORT
try {
  cl = new Socket(args[0], REMOTE_PORT);
  is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(cl.getInputStream ()));
  os = new DataOutputStream(cl.getOutputStream());
} catch(UnknownHostException e1) {
  System.out.println("Unknown Host: " + e1);
} catch (IOException e2) {
  System.out.println("Erorr io: " + e2);
}

// Menulis ke server
try {
  System.out.print("Masukkan kata kunci : ");
  userInput = stdin.readLine() ;
  os.writeBytes(userInput + "\n");
}  catch (IOException ex) {
System.out.println("Error writing to server... " + ex);
}

// Menerima tanggapan dari server
try {
  output = is.readLine() ;
  System.out.println("Dari server: " + output);
} catch (IOException e) {
  e.printStackTrace() ;
}

// close input stream, output stream dan koneksi
try {
  is.close();
  os.close();
  cl.close();
} catch (IOException x) {
  System.out.println("Error writing...." + x);
}
}
}

Pada komputer Server

import java.io.*;
import java.net.*;

public class simpleServer {
  public final static int TESTPORT = 5000;
  public static void main(String args[]) {
    ServerSocket checkServer = null;
    String line;
    BufferedReader is = null;
    DataOutputStream os = null;
    Socket clientSocket = null;
   
    try {
      checkServer = new ServerSocket (TESTPORT);
      System.out.println("Aplikasi Server hidup... ");
    } catch (IOException e) {
      System.out.println(e);
    }

    try {
      clientSocket = checkServer.accept();
      is = new BufferedReader (new InputStreamReader(clientSocket.getInputStream()));
      os = new DataOutputStream(clientSocket.getOutputStream());
    } catch (Exception ei) {
    ei. printStackTrace();
    }
    try {
      line = is.readLine();
      System.out.println ("Terima : " + line);
      if (line.compareTo("salam") == 0 ) {
        os.writeBytes("salam juga");
      } else {
        os.writeBytes("Maaf, saya tidak mengerti");
      }
    } catch (IOException e) {
      System.out.println(e);
    }
    try {
      os.close();
      is.close();
      clientSocket.close();
    } catch (IOException ic) {
      ic.printStackTrace();
    }
  }
}
 
Apabila terhubung maka akan menghasilkan tampilan seperti dibawah ini, dimana untuk melihatnya dapat dicompile di command prompt dan merunnya.



Tidak ada komentar:

Speed Test