Minggu, 17 Februari 2013

Beberapa Jenis Aplikasi Jaringan

Dalam dunia teknologi informasi, networking atau jaringan memang sangat berperan besar dalam pendistribusian informasi baik secara visual grafik ataupun secara packet data. Networking berperan besar bagaimana informasi itu dapat sampai dengan cepat.

Berikut ada beberapa aplikasi yang bergunan dalam jaringan. yuk mari kenalan dengan aplikasi yang ada di dalam dunia jaringan komputer Wireless maupun LAN. ^,^ 

Wireshark
adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengcapture suatu paket di dalam suatu jaringan,krn kelebihan nya dalam mengcapture suatu paket terkadang , aplikasi ini di gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dengan tujuan mendapatkan password atau informasi tertentu di dalam suatu jaringan,namun aplikasi ini juga berfungsi untuk hal positif seperti untuk melihat isi dari paket tersebut, dengan kita malakukan capture maka kita akan mendapatkan data yang ada di dalam jaringan dalam bentuk hexadecimal.


TeamViewer
adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengendalikan komputer dari jauh, dengan tujuan seorang teknisi jaringan tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor yang memiliki masalah jaringan , krn dengan aplikasi ini kita hanya cukup memantau dan memperbaiki permasalahan jaringan dalam arti software atau configurasi setting TCP/IP (IP Address) suatu komputer di dalam jaringan kantor atau perusahaan.

Hamachi
Di kutip dari Wikipedia indonesia “Hamachi adalah zero-configuration virtual private network (VPN) atau jaringan pribadi virtual tanpa konfigurasi. Hamachi merupakan aplikasi bagi-pakai yang didistribusikan secara bebas yang mampu membangun hubungan secara langsung antar-komputer yang terkoneksi ke dalam jaringan internet tanpa ada konfigurasi yang rumit, dengan kata lain, membentuk hubungan antar-komputer yang saling berjauhan melalui jaringan internet, seakan-akan komputer tersebut terhubung ke dalam jaringan lokal atau LAN.

Saat ini tersedia Hamachi untuk komputer berbasis Windows “

System operasi yang dapat menggunakan aplikasi ini adalah Microsoft Windows , Linux, Mac OS X

Ip Angry Scan
adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengtahui alamat dari tiap komputer di sekitar kita dengan syarat kita memiliki wireless atau komputer kita terhubung ke jaringan local, di kutip dari http://sourceforge.net/projects/ipscan/
“Scanner IP Angry cepat dan ramah jaringan scanner untuk Windows, Linux, dan Mac. Hal ini sangat extensible, memungkinkan untuk digunakan untuk rentang yang sangat luas dari tujuan, dengan tujuan utama menjadi berguna bagi administrator jaringan.”
Note: IP Angry Scan biasa di anggap oleh antivirus sebagai program berbahaya, walaupun secara kenyataan nya tidak ^_^



Radmin Server dan Radmin Client

Adalah aplikasi yang fungsinya sama seperti Hamachi dan TeamViewer , aplikasi yang berfungsi untuk mengendalikan komputer dari jauh, dengan tujuan seorang teknisi jaringan tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor yang memiliki masalah jaringan.

Cain & Abel
adalah aplikasi yang cukup ampuh untuk menyadap data yang sedang mengalir di jaringan LAN 
ataupun WI- fi

Cisco Packet Tracert
adalah aplikasi virtual network, dengan aplikasi ini kita dapat latihan simulasi jaringan , tanpa harus membeli perangkat asli, yang harganya mahal. Dulu waktu gw kuliah di lab pernah praktek buat arstitektur komputer dengan progam ini. Jadi program ini bisa semacam simulasi(blue print) dari bagaimana mencreate sebuah jaringan suatu kantor/perusahaan/sekolah/kampus dengan perhitungan antara bandwith, jarak antar gedung, jumlah client/pc dll.. ehehe kira2 dech ^^

Visual Router
adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengetahui node(titik) dari tiap router yang kita lewati.

Mikrotik
Untuk yang satu ini saya belum mengetahui banyak informasi tentang aplikasi ini karena termasuk aplikasi berlisensi (berbayar) biasa digunakan untuk perusahaan atau sekolah yang memiliki beberapa cabang ditempat lain dengan membuat sebuah PC lokal menjadi dedicated server routing . Dan memiliki sistem operasi tersendiri. Merek dagang Mikrotik mulai didirikan tahun 1995 yang pada awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi nirkabel atau wireless. Saat ini MikroTikls memberikan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan akses Internet dibanyak negara di dunia dan juga sangat populer di Indonesia.
Mikrotik pada standar perangkat keras berbasiskan Personal Computer (PC) dikenal dengan kestabilan, kualitas kontrol dan fleksibilitas untuk berbagai jenis paket data dan penanganan proses rute atau lebih dikenal dengan istilah routing. Mikrotik yang dibuat sebagai router berbasiskan PC banyak bermanfaat untuk sebuah ISP yang ingin menjalankan beberapa aplikasi mulai dari hal yang paling ringan hingga tingkat lanjut. Contoh aplikasi yang dapat diterapkan dengan adanya Mikrotik selain routing adalah aplikasi kapasitas akses (bandwidth) manajemen, firewall, wireless access point (WiFi), backhaul link, sistem hotspot, Virtual Private Netword (VPN) server dan masih banyak lainnya.

Itulah sebagian dari aplikasi jaringan yang cukup populer saat ini. Beberapa dapat digunakan secara gratis namun sebagian lagi harus berbayar tapi untuk mencobanya disediakan versi trialnya .


Sumber : mikrotik indonesia

Tidak ada komentar:

Speed Test